1. Perilaku
Navigasi
Pada suatu situs
(jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting untuk
dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut harus
bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan dengan
melihatnya. Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang
memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara
konsisten baik di bagian atas, samping atau footer
.
Yang kedua adalah
navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat untuk
menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori,
pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini
sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang lebih
intuitif. Alih-alih model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi
beberapa nilai default yang bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih
keren lagi, calon pembeli bisa melakukan penelusuran bertingkat, misalnya:
kategori buku, di-drilldown dengan topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada
level berikutnya dengan range harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi
dengan “reviewed by NavinoT”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang
benar-benar dia cari.
a. Permasalah dalam kaitan dengan:
– Para pemakai
interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal ini lembaran-lembaran
pada situs.
– Struktur lokasi
tidak dapat ditemukan.
b. Pemakai interface situs seharusnya
diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut dari suatu ruang dari
informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
– Tabel Index
(Peta Lokasi)
– Index
– Navigasi
– Fasilitas
Pencarian (Search)
2. Perilaku
Pencarian (Search)
Fitur pencarian
internal tentunya telah di desain dengan batasan tertentu. Ketika situs Anda
tumbuh tentunya Anda akan semakin tahu pola pemakaian oleh pengguna. Termasuk
di dalamnya adalah pola pencarian dalam rangka mendapatkan pengalaman terbaik
dalam pemanfaatan situs.
3.
Rekomendasi
Rekomendasi adalah
memberitahukan kepada seseorang atau lebih bahwa sesuatu yang dapat dipercaya,
dapat juga merekomendasikan diartikan sebagai menyarankan, mengajak untuk
bergabung, menganjurkan suatu bentuk perintah.
Dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia Rekomendasi Diartikan sebagai berikut :
Rekomendasi
artinya adalah saran yg menganjurkan (membenarkan, menguatkan) dan
merekomendasi artinya memberikan rekomendasi; menasihatkan; menganjurkan.
B. Web dan
Perilaku Sosial
1. Web
merefleksikan perilaku sosial
Web pun dapat
merefleksikan perilaki sosial masyarakatnya, dengan adanya alat pengukur
banyaknya orang/ IP address yang mengakses web tersebut dapat menunjukkan bahwa
web tersebut menarik perhatian masyarakat dan pastinya akan mempengaruhi sikap
sosial seaeoramg contohnya seseorang yang sering mengakaksea situs belanja
online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang
lebih murah daripada conter ataupun diskon-diskon yang ada.
2. Web mempengaruhi perilaku sosial
Web sebagai salah
satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi
salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat. ada dua dampak
yang dimbulkan yaitu dampak positif dan dampak negatif.
Dampak
Postifnya adalah :
a. Lebih cepat dan
mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan
manusia.
b. Dapat
berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia
saling berinteraksi dengan mudah.
c. Mudah mencari
informasi serta berbelanja online pun dapat dilakukan
Dampak
Negatifnya adalah :
a. Munculnya
banyak penipu yang memanfaatkan internet.
b. Adanya
plagiatisme.
c. Munculnya
pencurian/hack.
d. Munculnya
banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat
merusak mental.
e. Bahaya
kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar