Bisnis Informatika
Pengertian Bisnis
Dalam ilmu
ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada
konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata
bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti
"sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam
artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan
.
.
Dalam
ekonomi kapitalis, di mana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis
dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan
waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis
mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan
meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang
bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras
dengan sistem sosialistik, di mana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh
pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara
etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk
melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis"
sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata
bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis,
dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih
luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis
pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas
yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi
"bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Pengertian TIK(Teknologi Informasi dan Komunikasi)
Teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) memuat semua teknologi yang berhubungan dengan
penanganan informasi. Penanganan ini meliputi pengambilan, pengumpulan,
pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Jadi, TIK adalah
teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan,
penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
Ditinjau
dari susunan katanya, teknologi informasi dan komunikasi tersusun dari 3 (tiga)
kata yang masing-masing memiliki arti sendiri. Kata pertama, teknologi, berarti
pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong
manusia menyelesaikan masalahnya. Istilah teknologi sering menggambarkan
penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik.
Kata kedua
dan ketiga, yakni informasi dan komunikasi, erat kaitannya dengan data.
Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok
data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya.
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari
satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di
antara keduanya.
Jadi dapat
di sumpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa
manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan
(ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih
luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.
Pengertian Bisnis Inforamtika
Informatika adalah ilmu yang mempelajari transformasi fakta
berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi, yang
mempelajari struktur, sifat dan interaksi dari beberapa sistem, dan dipakai untuk mengumpulkan data, memproses,
menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
Jadi dari berbagai macam pengertian bisnis yang ada, serta
arti dari informatika tersebut di atas, maka pengertian dari bisnis informatika
dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu dan
sekelompok orang atau organisasi yang menciptakan nilai melalui penciptaan
barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan
melalui transaksi yang berkaitan dengan teknologi informasi baik teknologi
komputer maupun teknologi telekomunikasi.
Bisnis informatika meliputi
semua kegiatan yang dilakukan dengan cara transaksi jual beli yang
berkaitan dengan teknologi informasi, seperti transaksi jual beli secara online
dengan menggunakan hp, laptop atau pc dan internet.
Ada 2 Jenis dan tipe bisnis informatika, yaitu :
1. Bisnis produk yaitu bisnis yang menjual barang seperti:
- Hardware(Perangkat keras)
- Software(Perangkat lunak)
2. Bisnis jasa yaitu bisnis yang menawarkan pelayanan kepada konsumen, seperti:
-software
house adalah seseorang atau sekelompok atau perusahaan kecil yang bergerak di
bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak.
-E-commerce
(jual beli online) yaitu suatu transaksi bisnis yang dilakukan secara
elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling
utama.
-IT
consultant adalah bisnis jasa yang menangani konsultasi di bidang IT, seperti
memberi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur
dan efisiensi dalam sistem IT.
Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia
Saat ini perkembangan bisnis informatika baik di Indonesia khususnya maupun di dunia sudah berkembang dengan sangat pesat. Hampir semua bisnis baik dari perusahaan yang berskala besar maupun yang berskala kecil menggunakan teknologi informasi untuk menjalankan bisnisnya. Teknologi informasi telah banyak memberi kemudahan-kemudahan dalam proses bisnis, seperti kemudahan mencari semua informasi yang dibutuhkan, hanya dengan sekali klik saja kita sudah dapat menemukan informasi yang kita butuhkan.
Kemajuan bisnis informatika di Indonesia ini ditunjang oleh pesatnya perkembangan teknologi saat ini dan juga banyaknya pengguna teknologi itu sendiri, serta tidak memerlukan modal yang banyak, lewat bantuan teknologi internet, perusahaan dapat menjalankan bisnisnya secara E-commerce atau dengan software house, karena cukup dengan membuat situs web yang mampu menarik perhatian, sosialisasi yang baik, maka konsumen akan datang dan keuntungan akan didapat. Para pebisnis sekarang juga dapat melakukan perdagangan selama 24 jam tanpa mengenal batas ruang dan waktu serta terjangkau semua kalangan.
Selain mengefisiensikan waktu dan biaya, kemajuan teknologi informasi ini juga mempermudah dalam pembuatan laporan keuangan, menyimpan dokumen-dokumen perusahaan dalam database, mempermudah komunikasi dengan menggunakan e-mail, video conference atau internet call jika rekan bisnis berada di negara lain. Perusahaan juga dapat membuat CRM (customer relationship management) yaitu data record setiap transaksi antara perusahaan dan pelanggan.
Teknologi informasi sangat dibutuhkan dan tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis, serta sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam mengelola dan meningkatkan pelayanan. Dan bisnis dalam bidang informatika ini memiliki peluang yang cukup baik dan menjanjikan ke depannya.
Perkembangan bisnis teknologi informatika di Indonesia meningkat sangat pesat, hal ini dapat dilihat dari peningkatan kebutuhan akan teknologi informatika yang sangat besar dari tahun ke tahun. Bisnis informatika mempunyai potensi yang besar untuk kedepannya, karena itu perlu didukung oleh sumber daya yang berkualitas serta perangkat teknologi yang canggih baik itu perangkat keras atau perangkat lunaknya. Dengan kehadiran teknologi informasi, maka dapat menjadi solusi dan membantu proses bisnis yang ada serta dapat mengoptimalkan efisiensi bisnis berbasis teknologi informasi tersebut.
Jadi perkembangan dan kemajuan bisnis dunia saat ini sudah sangat pesat sekali dan sangat menggiurkan, bisnis ini berkembang setiap detiknya. Kemajuan dunia bisnis di bidang teknologi informasi ini berkembang pesat karena adanya media informasi dan perangkat teknologi yang semakin canggih. Salah satu media dalam bisnis di dunia informatika ini adalah internet. Internet merupakan jaringan komputer yang berisi sumber informasi. Banyak perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai ladang bisnis, seperti menjual jasa, menjual dan membeli produk serta memasarkan suatu produk. Pertumbuhan bisnis online shop merupakan contoh yang nyata, begitu juga warnet yang banyak dijumpai dimana saja. Di masa mendatang, teknologi informasi dan telekomunikasi akan menjadi sektor yang paling dominan. Saat ini saja teknologi informasi sudah banyak berperan dalam bidang pendidikan, pemerintahan dan keuangan serta perbankan.
Ada 5 model bisnis teknologi informasi dan komunikasi,
diantaranya adalah :
1.
Lisensi produk
software (contohnya perusahaan Andal Software, Dycode, Oracle)
2.
Iklan (contohnya Detik.com,
Google)
3.
Software sebagai
layanan (contonya Infisys pushmail, Salesforce.com)
4.
Penjualan perangkat
keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple)
5.
Penjual jasa
konsultasi, integrase, training (contohnya Inixindo, Sigma, Redhat)
Salah
satu contoh perusahaan yang bergerak di bidang IT adalah Google Inc
Profil
perusahaan Google Inc
Google Inc merupakan perusahaan multinasional Amerika Serikat
yang berkekhususan pada bidang jasa dan produk internet. Google didirikan oleh
Larry Page dan Sergey Brin. Pada tanggal 4 September 1998 google menjadi
perusahaan swasta, dengan misi mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya
dapat diakses dan bermanfaat untuk semua orang. Pada tahun 2006, kantor pusat
google pindah ke Mountain View, California.
Produk
dari google diantaranya adalah :
1.
Periklanan, yang
terdiri dari google adsense dan google adwords
2.
Aplikasi pencarian
seperti google search, google maps, google earth, google books dan google
translate
3.
Komunikasi yaitu
Gmail, google drive, google docs, dan google chrome
4.
Telepon genggam yaitu
android
5.
Hiburan seperti google
video
Sumber :
- http://www.zonasiswa.com/2014/10/pengertian-teknologi-informasi-dan.html
- https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis
- https://syifasalsabyla.wordpress.com/2017/10/26/perkembangan-bisnis-informatika/
1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar