Pengertian Web Science :
Web Science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan
memanipulasi web, Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi
berupa gamba
r, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang
bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait
yang dihubungkan dengan banyak link. Science adalah ilmu pengetahuan yang
didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi
yang akurat.
Sejarah Web Science :
Web Science didirikan pada tahun 2006 dengan nama Web Science
Research Initiative (WSRI). Web Sicence ini awalnya adalah hasil dari
Memorandum of Understanding antara MIT CSAIL dan University of Southampton,
ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran
World Wide Web. Sejak pertama kali diluncurkan, konsep Web Science sudah
menyebar secara meluas dan mengukuhkan diri sebagai area aktifitas yang penting.
Aktifitas WSRI fokus pada (i) artikulasi agenda penelitian untuk
komunitas scientific, (ii) mengkoordinasi pengembangan materi pembelajaran Web
Science dan (iii) mengikat pemikiran tentang kepeminpinan pada sektor yang
berkembang ini.
Untuk melanjutkan aktifitasnya dan mendukung pengembangan Web
Science secara global, para direktur WSRI membuat badan amal-the Web Science
Trust (WST). WST berkerja sama dengan World Wide Web. Golnya adalah untuk
mendorong partisipan luas dalam pengembangan Web Science. the Foundation
mempunyai misi untuk meningkatkan Web. the Trust dan the Foundation mempunyai
kesamaan komitmen untuk melanjutkan disiplin dari Web Science dan akan bekerja
bersama pada beberapa proyek yang memperbaiki pengertian tentag Web Science dan
mempromosikan dampak positif Web Science pada masyarakat luas.
Sejarah WEB:
WWW atau World Wide Web. Sebuah kata yang
sangat tindak asing di telinga kita. Terutama anda yang sering mondar -mandir
di dunia maya. Jika ingin masuk ke suatu website pasti anda mengetik awalan
tersebut. Misalnya anda ingin membuka akun facebook anda, di kotak alamat anda
pasti mengetikkan www.facebook.com. tahukah anda sejak kapan penulisan www
mulai dipakai di jagat web?.
Sejarah Web bermula di European Laboratory
for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN), di kota Geneva dekat
perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan
oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya
dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet
yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi
informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik.
Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan
pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip
dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di
dalam Web. Kebanyakan software tersebut dibuat untuk komputer-komputer yang
menggunakan Sistem Operasi UNIX, dan belum banyak yang bisa dilakukan oleh
pemakai komputer saat itu yang telah menggunakan Windows. Tetapi semua ini
berubah setelah munculnya browser Mosaic dari NCSA (National Center for
Supercomputing Applications).
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan
beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang
berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja,
Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di
Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer
berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Di bulan Mei 1993, Marc Andreesen dan
beberapa murid dari NCSA membuat Web browser untuk sistem X-Windows yang
berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. Dalam beberapa bulan saja,
Mosaic telah menarik perhatian baik dari pemakai lama maupun pemakai baru di
Internet. Kemudian NCSA mengembangkan versi-versi Mosaic lainnya untuk komputer
berbasis UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.
Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan
NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, salah satu pendiri dari Silicon Graphics,
membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran
Mosaic sebagai Web browser dan bahkan sampai saat ini Netscape merupakan
browser yang banyak digunakan setelah Internet Explorer dari Microsoft.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada tahun yang sama CERN dan MIT mendirikan suatu konsorsium yang dinamakan World WIde Web Consortium (W3C) yang bertugas untuk membangun standar bagi teknologi Web.
Pada awal perkembangannya, sewaktu browser
masih berbasiskan teks hanya terdapat sekitar 50 website. Di akhir tahun 1995
jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. Dan diperkirakan
sekarang ini jumalh pemakai Web telah mencapat sekitar 30-an juta pemakai
diseluruh dunia.
Pre-Web Memex :
Sejarah Memex :
Sejarah Memex yang dipandang sebagai konsep awal yang mendasari
munculnya teknologi World Wide Web. Memex (singkatan dari "memory
extender") , adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush untuk sebuah
mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think, yang dimuat
pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut sebagai pionir
dari teknologi hiperteks yang saat ini telah ada. Vanner Bush memang tidak
terlibat langsung dalam pengembangan internet, namun banyak yang mempertimbangkan
kalau beliau disebut dengan God Father World Wide Web. Beliau membuat sebuah
referensi esai hingga tahun 1945 dengan judul AS WE MY THINK, dalam artikelnya
Bush menggambarkan sebuah mesin teoritis yang disebut MEMEX, untuk meningkatkan
memori manusia dengan memungkinkan pengguna dapat mengambil dan menyimpan
dokumen dalam sebuah Asosiasi. Asosiatif tersebut sangat berhubungan dan mirip
dengan yang dikenal saat ini yaitu hypertext.
Pengertian Memex :
Memex (singkatan dari
"memory extender") , adalah nama yang diberikan oleh Vannevar Bush
untuk sebuah mesin teoretis yang ia usulkan dalam artikelnya As We May Think,
yang dimuat pada tahun 1945 pada The Atlantic Monthly. Memex disebut-sebut
sebagai pionir dari teknologi hiperteks yang muncul kemudian.
As We May Think adalah
sebuah esai yang ditulis oleh Vannevar Bush, dan pertama kali dipublikasikan pada The Atlantic Monthly pada
bulan Juli 1945 Dalam
artikel tersebut Bush melemparkan pendapatnya bahwa seiring selesainya perang
(PD 2), usaha-usaha para ilmuwan harus digeser dari yang tadinya meningkatkan
kemampuan fisik (untuk perang), ke arah usaha-usaha yang dapat memudahkan akses
terhadap seluruh pengetahuan yang didapat manusia.
Memex memanfaatkan teknologi microfilm sebagai media penyimpanan. Secara fisik
Memex dideskripsikan terdiri atas sebuah meja yang dilengkapi dengan layar, keyboard, tombol dan pengungkit (lever)
serta tempat penyimpanan microfilm. Informasi yang tersimpan dalam microfilm
dapat diakses dengan cepat dan ditampilkan melalui layar yang disediakan.
Sebagaimana otak manusia membentuk memori melalui asosiasi neuron, pengguna
dapat menghubungkan dokumen-dokumen yang tersimpan pada Memex. Bush menyebut
konsep ini sebagai “associative trails”, setiap trail nantinya
dapat dilengkapi dengan komentar tambahan untuk memperjelas hubungan antar
dokumen yang dihubungkan. Untuk melengkapi idenya, Bush memberikan ilustrasi
berupa skenario pengguna yang ingin mempelajari busur dan anak panah, yang pada
akhirnya menelusuri dokumen hingga sampai kepada dokumen yang membahas tingkat
elastisitas material dan kaitannya dengan kemampuan busur melecutkan anak
panah.
Dalam artikel tersebut, metode pencarian
dilakukan dengan memasukkan sejenis kode yang harus dicatat dan diindeks secara
manual setiap pengguna Memex memasukkan informasi baru. Dari kode tersebut
nantinya pengguna dapat mengakses informasi tertentu sebagai entry
point, kemudian melakukan pelacakan ulang terhadap informasi yang tersimpan
berdasarkan asosiasi yang menghubungkan dokumen yang menjadi entry point tadi.
Ilustrasi bentuk Memex yang menggunakan meja, layar dan keyboard dapat
dikatakan mirip dengan bentuk Personal Computer masa kini. Konsep Associative
trail yang ia usulkan mirip dengan teknologi hypertext yang muncul pada era
60-an, dan juga bentuk dari tautan informasi pada jaringan Internet (World Wide
Web). Secara eksplisit Bush dalam artikel tersebut juga meramalkan dengan sangat
dekat akan kemunculan ensiklopedia-ensiklopedia yang lengkap dengan
“associative trail” dan dapat digabungkan satu sama lain. ( http://id.wikipedia.org/wiki/As_We_May_Think )
Pre-Web Hypertext
Pengguna di internet atau di intranet dapat membuat halaman web
dan antara halaman web yang satu dengan yang dapat terjadi link, hal ini dapat
terjadi bila menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Setiap halaman
web, termasuk home page untuk web site, memiliki alamat yang unik yang dikenal
dengan Uniform Resource Locator (URL).
Halaman web adalah hypertext document (file yang memiliki format
Hypertext Markup Language (HTML)) yang memiliki hyperlink.
Dalam komputer, hiperteks adalah paradigma interface
pengguna untuk menampilkan dokumen yang berisi referensi-silang otomatis ke
dokumen lainnya yang disebut hiperlink. Memilih hiperlink menyebabkan komputer
menampilkan dokumen yang terhubungkan dalam waktu sangat singkat.
Sebuah dokumen dapat dibuat secara statik
atau dinamik. Oleh karena itu, sebuah sistem hiperteks yang dikonstruksi dengan
baik dapat menangani, menggunakan atau melebihi banyak interface pengguna
lainnya seperti menu dan baris perintah, dan dapat digunakan untuk mengakses
kedua dokumen referensi-silang yang dikumpulkan secara statik dan aplikasi
interaktif. Dokumen dan aplikasi terdapat secara lokal atau dari mana pun dia
berada dengan bantuan jaringan komputer seperti internet. Implementasi paling
terkenal dari hiperteks adalah World Wide Web. Istilah
"hiperteks" sering kali digunakan di mana istilah hipermedia lebih
cocok bila digunakan. ( http://id.wikipedia.org/wiki/Hypertext )
Sejarah HIPERTEXT
Merupakan salah satu
varian dari SGML (Standard Generalized Markup Language), yaitu sebuah standar
dari ISO (International Organization for Standarization) untuk pertukaran
dokumen secara elektronik. HTML sendiri secara formal diumumkan sebagai RFC
1866. Yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP. Tata
penulisan yang digunakan dalam dokumen Web. Dokumen ini, akan dieksekusi oleh
browser, sehingga browser mampu menghasilkan suatu dokumen sesuai dengan
keinginan yang mendesain page. Dokumen ini mempunyai kemampuan menampilkan
gambar, suara, teks, maupun penyediaan link terhadap halaman web lainnya, baik
dengan alamat yang sama serta alamat yang berbeda.
Pre-Web Internet :
Pengertian
Internet
Internet
dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh
dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Sejarah Internet
Berikut
sejarah kemunculan dan perkembangan internet.
Sejarah
internet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense
Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset
tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk
jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970,
sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga
mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil
menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET.
Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun
yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan
"at" atau "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET
mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di
London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota
jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton
Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang
menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama
kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26
Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals
and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100
komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada
1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups
pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan
dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon
sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan
semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui
oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol
atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di
Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang
menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark
dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan
komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang
kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung
dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah
komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000
lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland
menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun
kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali
lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah
jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners
Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu
komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program
inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung
membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama
muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh
menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau
e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo!
didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Manfaat Internet
Secara
umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses
ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1.
Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan
pribadi, rohani, sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja
:sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi
profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah
keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi
atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran.
Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta
memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama
diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal
batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya
manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan
jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.
Pre-Web Usenet
Sejarah Usenet
Mahasiswa pascasarjana Universitas Duke
bernama Tom Truscott dan Jim Ellis mencetuskan idenya pada tahun 1979 untuk
selanjutnya membangun sistem ini pada tahun 1980. Pengguna membaca dan mengirim
pesan umum (disebut artikel atau posting, dan
secara kolektif disebut berita) ke satu kategori atau lebih yang
disebut newsgroup. Usenet menyerupai Bulletin Board System
(BBS) dalam banyak hal, dan merupakan awal dari berbagai forum Internet yang
banyak digunakan saat ini, secara kasar dapat dianggap sebagai hibrida antara
surat elektronik dan forum web. Diskusi disusun menurut topik diskusi, dan
ditampilkan oleh Newsreader seperti halnya susunan forum web dan BBSes,
meskipun artikel disimpan pada peladen secara berurutan.
Salah satu perbedaan penting antara BBS atau
forum web dan Usenet adalah tidak adanya server pusat dan administrator khusus.
Usenet didistribusikan antara konglomerasi besar yang terus berubah dari
peladen-peladen yang menyimpan serta meneruskan pesan satu sama lainnya.
Peladen-peladen ini secara longgar terhubung dalam jejaring tidak tetap.
Polanya mirip dengan peta transportasi kota yang kompleks. Ada beberapa cara
untuk sampai ke titik manapun di kota. Jika salah satu jalan akan diblokir
karena alasan tertentu, ada jalan lain selalu tersedia untuk sampai ke sana.
Dengan cara ini, Jaringan Pengguna atau Usenet memungkinkan artikel yang
diposkan ke newsgroup sampai ke banyak tujuan dengan cepat. Seorang pengguna
dapat membaca pesan dari peladen dan menuliskan pesan ke peladen lokal yang
dioperasikan oleh penyelenggara jasa internet, universitas atau perusahaan.
Peladen kemudian saling bertukar pesan satu sama lainnya, hingga pesan tersedia
bagi pembaca di luar peladen asli.
Pengertian Usenet
Usernet adalah sistem diskusi Internet yang
terdistribusi secara global. Sistem ini dikembangkan dari arsitektur serbaguna
UUCP dari nama yang sama.
Kelebihan :
-Usenet memungkinkan untuk bertukar informasi secara kompleks dan
lengkap.
-Mempunyai system yang hampir sama dengan BBS.
-Forum dengan cakupan yang luas dan informasinya baru.
-Masing-masing pengguna dapat membaca pesan dari dan ke server
lokal yang dioperasikan oleh mereka penyedia layanan Internet ,
-Pemblokiran tidak begitu berpengaruh.
Kekurangan :
-Usenet bukan organisasi, demokrasi, hak, jaringan akademis, media
iklan maupun Internet.
-Usenet tergantung pada kepopuleranya.
-Usenet banyak menimbulkan kesalah pahaman dalam hal kajian
informasi.
Pre-Web Ftp
FTP (File Transfer
Protokol)adalah salah satu protocol tertua yang pernah ada di internet.
Walaupun sudah tua FTP tetap menjadi jenis layanan yang kerap kali dimanfaatkan
oelh pengguna internet terutama untuk mendownload software atau hal lainnya.
FTP telah ada semensemenjak dua puluh tahun di sejarah internet sehingga
protocol ini sudah memiliki standard yang baik. Fungsi FTP ini lebih banyak
dikenal oleh orang-orang yang bekerja di dunia website atau pelayanan
pengiriman file-file di internet.
Protokol pengiriman berkas (bahasa
Inggris File Transfer Protocol) adalah
sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang
merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar
mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.
FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. ( http://id.wikipedia.org/wiki/Ftp )
Pre-Web Gopher
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.
FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum pengiriman data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.
FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail. ( http://id.wikipedia.org/wiki/Ftp )
Pre-Web Gopher
Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk
distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. Sangat
berorientasi pada desain dokumen menu, protokol Gopher disajikan menarik untuk
alternatif World Wide Web pada tahap awalnya, tapi akhirnya gagal mencapai
popularitas. Gopher diciptakan oleh Mark McCahill dan timnya di University of
Minnesota pada 1991.
Protokol ini menawarkan beberapa fitur yang
tidak didukung oleh native Web dan menerapkan hierarki yang
lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Menu teks antarmuka yang
mudah digunakan, dan cocok untuk lingkungan komputasi yang sangat bergantung
pada remot teks berorientasi terminal komputer, yang masih umum pada saat
pembentukannya pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang difasilitasi
berbagai implementasi klien. Revisi gopher yang lebih baru dan klien grafis
menambahkan dukungan untuk multimedia.
Dengan struktur hierarki, Gopher memberikan platform berguna
untuk skala besar koneksi perpustakaan elektronik pertama. Pengguna Gopher
ingat bahwa sistem "lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih
terorganisir" dari layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar
digantikan oleh Web di tahun berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh
penggemar, dan server populasi kecil tetap aktif dipertahankan.
WEB 1
Web 1.0 merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan
revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri
dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini
secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang
sedikit interaktif boleh dibilang pada web 1.0 ini bersifat
read-only.
Beberapa ciri atau karakteristik web 1.0. adalah:
1. Merupakan halaman web yang statis atau hanya berfungsi untuk
menampilkan.
2. Halaman masih didesain sebagai html murni, yang ‘hanya’
memungkinkan orang untuk melihat tanpa ada interaksi
3. Biasanya hanya menyediakan semacam buku tamu online tapi tidak
ada interaksi yang intens
4. Masih menggunakan form-form yang dikirim melalui e-mail,
sehingga komunikasi biasanya baru satu arah.
WEB 2
Sejarah WEB 2 :
Web 2.0 setelah Web 1.0
diluncurkan berkembanglah Web 2.0. Istilah Web 2.0 pertama kalinya
diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web
generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara
online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web
2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan
internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami
berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut.
Web 2.0, adalah sebuah istilah yang
dicetuskan pertama kali oleh O'Reilly Media pada tahun 2003, dan dipopulerkan
pada konferensi web 2.0 pertama pada tahun 2004, merujuk pada
generasi yang dirasakan sebagai generasi kedua layanan berbasis
web—seperti situs jaringan sosial, perangkat komunikasi, dan folksonomi yang
menekankan pada kolaborasi online dan berbagi antar pengguna. O'Reilly Media,
dengan kolaborasinya bersama MediaLive International, menggunakan istilah ini
sebagai judul untuk sejumlah seri konferensi, dan sejak 2004 beberapa
pengembang dan pemasar telah mengadopsi ungkapan ini.
Walaupun kelihatannya istilah ini menunjukkan versi baru daripada web, istilah ini tidak mengacu kepada pembaruan kepada spesifikasi teknis World Wide Web, tetapi lebih kepada bagaimana cara si-pengembang sistem di dalam menggunakan platform web. Mengacu pada Tim Oreilly, (http://id.wikipedia.org/wiki/Web_2 )
Prinsip-prinsip Web 2 :
Walaupun kelihatannya istilah ini menunjukkan versi baru daripada web, istilah ini tidak mengacu kepada pembaruan kepada spesifikasi teknis World Wide Web, tetapi lebih kepada bagaimana cara si-pengembang sistem di dalam menggunakan platform web. Mengacu pada Tim Oreilly, (http://id.wikipedia.org/wiki/Web_2 )
Prinsip-prinsip Web 2 :
·
Web sebagai platform
·
Data sebagai
pengendali utama
·
Efek jaringan
diciptakan oleh arsitektur partisipasi
·
Inovasi dalam
perakitan sistem serta situs disusun dengan menyatukan fitur dari pengembang
yang terdistribusi dan independen (semacam model pengembangan "open
source")
·
Model bisnis yang
ringan, yang dikembangkan dengan gabungan isi dan layanan
·
Akhir dari sikllus
peluncuran (release cycle) perangkat lunak (perpetual beta)
·
Mudah untuk digunakan
dan diadopsi oleh user
WEB 3
Web 3.0 definisi untuk Web 3.0 sangat beragam
mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web
berisikan perangkat lunak bersifat on-demand . Namun, menurut John Markoff, Web
3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam
membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online.
Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web
memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat
hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga
di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh
perangkat lunak (software agents).
WEB
SCIENCE
Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web dari
Web 1.0 ke Web 3.0.Sejak diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim
Berners-Lee, perkembangan yang terjadi luar biasa. Sejarahnya web science muncul
dari sebuah riset para ilmuan-ilmuan. Web science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan memanipulasi
web. Pada Web Science membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus
pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi.
Tujuan dari web science : untuk mengetahui
bagaimana cara mengetahui source code dari web itu sendiri dan bagaimana kita
dapat memanfaatkan web tersebut untuk melakukan hal yang positif.
Berbagai
riset pada Web Science [Berners-Lee,2006] banyak menekankan pada :
·
trend perkembangan Web
·
tantangan dalam pengembangan Web
·
mendukung untuk ubiquity, mobility, new media dan
meningkatnya jumlah data yang tersedia secara online
·
pentingnya
hal sosial seperti menghargai hak privasi
·
mengidentifikasikan
varian dari penelitian Web Secara ringkas
Bernes-Lee mengatakan Web Science merupakan
kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan
mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti
atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya
dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan. Metodologi pada Web Science akan
dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti
akademisi.
Dampak Postive Dari
Internet untuk sosial :
-Dampak Positive internet untuk sosial adalah, dalam dunia maya kita bisa berjualan online , dimana shop online tidak membutuhkan modal berjualan sama sekali , tidak seperti membangun toko ataupun kios .
-Dampak Positive lain adalah kita bisa ngobrol lewat social media dengan saudara – teman bahkan orang tua yang jaraknya jauh dengan daerah yang kita tempati.
-Dampak Positive Lainnya lagi adalah, kita bisa mengirim lowongan kerja via online .
Dampak Negative dari
Internet untuk Sosial :
- Dampak Negative dari Internet untuk Sosial : Maraknya penipuan dari shop online yang mengiming imingi para calon pembeli dengan memeberikan harga diskon yang menipu , sehingga para calon pembeli tergiur untuk membeli.
- Dampak
Lainnya adalah : Banyaknya penculikan yang didasarkan dengan cara mengadakan
kopi darat (pertemuan) lalu korban akan diculik dan bahkan pelaku kadang
membunuh korban
-Dampak Lainnya : Banyaknya anak dibawah umur yang bebas membuka situs dengan konten dewasa .
Dampak Positif Internet untuk Ekonomi:
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari
kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain :
1. Pertumbuhan
Ekonomi yang semakin tinggi
2. Terjadinya
Industrialisasi
3. Produktifitas
dunia industry semakin meningkat
Metodologi Web Science
Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah
bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini
melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan
terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan
inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan
pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web
dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan
riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan
perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang
mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi
probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan
yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar